PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Indonesa
merupakan negara dengan sumber daya manusia yang melimpah. Akan tetapi jumlah
pekerja dengan lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan jumlah penduduk
di Indonesia. Masih banyak pengangguran dimana-mana yang berdampak pada
kemerosotannya ekonomi bangsa Indonesia.
Berwirausaha
atau memiliki usaha sendiri adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah
tersebut. Dengan berwirausaha maka akan terciptanya lapangan pekerjaan bagi
yang tidak memiliki pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.
Berwirausaha tidak hanya orang yang sudah dewasa melainkan remaja dapat pula
berwirausaha dengan menanamkan jiwa wirausaha dan mengimplementasikannya di
kehidupan sehari-hari.
Oleh
karena itu saya sebagai mahasiswa Fakultas Sastra yang dimana selama proses
pembelajaran di Universitas Gunadarma juga dikaji dengan berbagai macam mata
kuliah kewirausahaan, maka dari itu saya menyusun proposal pengajuan kegiatan
usaha ini sebagai gambaran usaha yang akan saya jalankan.
1.2 TUJUAN dan MANFAAT
· Membangkitkan
sikap mandiri.
· Menanamkan
jiwa wirausaha sejak dini.
· Membantu
perekonomian yang lebih maju.
· Meningkatkan
kesejahteraan masyarakat sekitar.
PROFIL PERUSAHAAN
Nama
perusahaan : CEMAL-CEMIL COMPANY
Jenis
produk : Makanan ringan
(manis).
Alamat : Jl. Lima
wangsa No.21 Jakarta Selatan.
Nomor
telepon : (021) – 7654328
PENGURUS USAHA
CEMAL-CEMILCOMPANY
adalah suatu usaha yang akan saya bangun tanpa ada kerja sama dengan perusahaan
lain yang menjual jenis produk yang sama, melaikan dengan membeli bahan-bahan
dari pemasok yang sudah ada.
PRODUK USAHA
CEMAL-CEMIL
COMPANY bergerak dibidang penjualan makanan ringan yang manis atau bisa disebut
dengan kue, dan juga minuman-minuman yang menarik, beberapa menu yang akan
ditawarkan :
1. DADAR
GULUNG ICE CREAM
Yaitu
perpaduan antara kue dadar gulung yang didalamnya banyak variasi rasa ice
cream.
2. KLEPON
PELANGI.
Yaitu
klepon yang berwarna-warni dengan menggunakan pewarna makanan dan di isi dengan
berbagai macam rasa buah.
3. FRESH
FRUIT
Yaitu
minuman dari sari-sari buah alamai dengan toping buah diatasnya dan sirop yang
kemudian ditambahkan toping sesuai selera, contohnya ice cream dengan rasa buah
segar.
Dan
masih banyak lagi menu yang menarik yang di sajikan.
PERALATAN YANG DIGUNAKAN
1. Alat
transportasi.
2. Peralatan
untuk memproduksi.
3. Bahan
produksi.
ASPEK PEMASARAN
Target
pemasaran cemal-cemil company diantaranya dalah kalangan anak muda yang senang
dengan makanan yang berbeda dengan yang lainnya, dan juga tidak hanya untuk
kalangan anak muda, bahkan target kami bisa untuk semua kalangan dari yang muda
hingga yang tua, karna rasa yang khas dan berbagai minuman yang menyehatkan.
PROMOSI
Promosi
yang dilakukan oleh cemalcemil company adalah dengan cara memanfaatkan media
sosial dan juga menyebarkan selembaran brosur yang akan dibagikan dan juga
memasang pamflet yang menarik di dekat toko.
RENCANA KEUANGAN
1. Penetapan
harga
· Harga
makanan 1 porsi = Rp.
7.000,- s/d Rp. 20.000,-
· Biaya
tempat sewa = Rp.
500.000,- /bulan
· Peralatan
untuk produksi = Rp. 800.000,-
· Bahan
untuk Produksi = Rp.
700.000,- +
TOTAL Rp. 2.000.000,-
Keuntungan yang
diharapkan per-bulan = Rp. 10.000.000
PENUTUPAN
Demikian
proposal pengajuan kegiatan usaha ini saya buat mohon maaf apabila ada
penulisan atas kata-kata yang kurang berekenan. Atas partisipasi yang telah
diberikan. Saya ucapkan terima kasih.
0 comments:
Post a Comment