Total Pageviews

Powered by Blogger.

Tuesday, April 26, 2016

LAPORAN BISNIS

PENDAHULUAN

Dunia bisnis di era globalisasi ini menjadi sebuah tantangan bagi setiap dunia usaha untuk meningkatkan kinerja dan kualitas bisnisnya agar dapat bertahan dalam persaingan seperti saat ini. Perubahan seperti teknologi, ekonomi dan kondisi situasi pasar makin terlihat nyata hampir di setiap sektor industri. Salah satu cara agar dapat merebut pangsa pasar tersebut adalah dengan mempertahankan pelanggan yang ada, selain dengan mempertahankan pelanggan yang ada. Di dalam dunia bisnis ada yang dinamakannya yaitu laporan bisnis yang dibuat setiap bulannya dan disetiap laporannya pasti memiliki jenis dan fungsinya masing-masing.

Pengertian Laporan Bisnis

Laporan bisnis adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu.
Laporan  bisnis  ialah  setiap  dokumen  faktual  yang  menyatakan  tujuan  perusahaan merupakan sarana manajerial  untuk menginformasikan atau memberikan kontribusi  pada pengambilan keputusan harus bersifat akurat, lengkap dan obyektif.
Laporan bisnis juga dapat diartika sebagai  suatu laporan yang memiliki  sifat  netral  , tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas dan rencana penyajian fakta kepada seseorang atau untuk kepentingan bisnis tertentu.
Laporan bisnis juga merupakan pesan-pesan yang objektif, tersusun secara teratur yang digunakan untuk menyampaikan informasi  dari  suatu bagian organisasional  atau dari  saru institusi  atau  lembaga  ke  lembaga  lain  untuk  membantu  pengambilan  keputusan  atau pemecahan masalah.


Jenis – Jenis Laporan Bisnis

1)      Laporan menurut fungsinya
Jenis laporan ini terdiri atas laporan informasional dan laporan analitis. Laporan informasional adalah laporan yang bersifat memberikan informasi. Menyajikan fakta-fakta tanpa melakukan analisis, tanpa kesimpulan, dan tanpa member rekomendasi. Sedangkan laporan analitis adalah laporan yang menyajikan fakta, menganalisis dan mengintrepertasikannya, kemudian menyimpulkan dan memberikan rekomendasi. Beberpa contoh dari jenis ini adalah laporana kemajuan pekerjaan, laporan rekomendasi, dan proposal.

2)      Laporan menurut subjeknya
Laporan yang didasarkan menurut departemen atau unit tempat laporan itu diperoleh. Contoh-contohnya adalah laporan akutansi, laporan personalia, dan laporan produksi.

3)      Laporan menurut formalitasnya
Laporan jenis ini dapat dibedakan menjadi laporan formal atau laporan panjang (pada umumnya lebih dari 10 halaman) dan laporan nonformal atau laporan singkat.

4)      Laporan menurut Keasliannya
Laporan yang terdiri dari laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta,dan laporan publik. Laporan otoritas yang dibuat atas dasar permintaan ataukuasa dari orang lain; laporan sukarela disusun atas inisiatif dari pembuat laporan; laporan swasta adalah laporan yang dibuat oleh organisasi/perusahaan swasta; dan laporan publik disusun oleh lembaga/organisasi pemerintah atau lembaga yang dibiayai oleh negara.

5)      Laporan menurut frekuensinya
Terdiri dari laporan berkala yaitu laporan yang disusun secara harian, mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan. Contoh, laporan penjualan harian; sedangkan laporan khusus merupakan laporan atas suatu kejadian yang unik (khusus) seperti munculnya krisis dalam suatu perusahaan.

6)      Laporan menurut jenisnya
Laporan jenis terdiri dari laporan memorandum, laporan surat, laporan dalam bentuk cetakan, dan laporan panjang (laporan formal).

7)      Laporan menurut kegiatan projek
Laporan macam ini terdiri atas laporan pendahuluan, laporan perkembangan,dan laporan akhir.

8)      Laporan menurut pelaksanaan pertemuan
Yang termasuk ke dalam laporan jenis ini adalah agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan. Agenda adalah suatu dokumen yang ditulis sebelum suatu pertemuan berlangsung, dan biasanya terdiri dari jadwal pelaksanaan dan topik yang akan dibahas dalam pertemuan sehingga akan membantu peserta dalam mempersiapkan peserta. Resolusi merupakan laporan singkat yang secara formal berisi pengumuman hasil konsensus dalam suatu pertemuan.  Notulen adalah laporan resmi dalam suatu pertemuan yang telah berlangsung yang mencakup semua hal yang terjadi dalam suatu pertemuan. Laporan pertemuan merupakan laporan resmi yang mencakup bahasan yang lebih luas dan berisihasil pertemuan atau konfrensi penting.



Isi Laporan Bisnis

Dalam bagian ini, kita membahas dan mengembangkan hal-hal yang penting secara rinci. Di samping itu, bagian ini dapat membantu kita mencapai maksud penulisan laporan bisnis. Penulisan laporan bisnis yang baik, harus mencakup temuan fakta yang penting dan relevan.
Ada 2 (dua) cara yang dapat dipilih untuk digunakan dalam penyusunan isi laporan bisnis, yakni cara deduksi (cara langsung) dan cara induksi (cara tak langsung).

1. Cara deduksi atau cara langsung berarti menyampaikan ide pokok dan rekomendasi terlebih dahulu, setelah itu baru dijelaskan hal-hal yang rinci.
2.   Cara induksi atau cara tak langsung, berarti kita menjelaskan fakta- fakta yang ada terlebih dahulu, baru kemudian kita memberikan ide pokok, kesimpulan, dan rekomendasi.
Cara Membuat Laporan Yang Baik

  1. Tulis dengan bahasa yang baik dan benar.
  2. Kalimat dalam laporan jelas dan mudah dipahami.
  3. Disertai fakta-fakta yang akurat dan meyakini sebagai bukti kebenarannya.
  4. Disajikan dengan lengkap.
  5. Menarik dan enak dibaca.
  6. Isi lapaoran di susun secara berurutan (sistematis).

Sumber referensi :

http://pengabdianqu.blogspot.co.id. Pengertian laporan bisnis laporan formal.
http://vitaloka09.blogspot.co.id. Viii perencanaan laporan bisnis.

PT. SUMBER FARILLA SEJAHTERA
Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran
Jakarta Selatan – Telp. (021) 73456728
Email: farilla@ymail.com         


                                                                                                               Jakarta, 21 April 2016
Perihal             : Penawaran Barang
Lampiran         : 1 Berkas (Brosur Rincian Barang)

Kepada PT. Makmur
Di Jakarta

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, kami bermaksud memperkenalkan SUMBER FARILLA SEJAHTERA, Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang ‘Pakaian Khusus Anak’ dan telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di Jakarta dan kota-kota besar yang ada di Indonesia.
Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT. Makmur adalah perusahaan yang menjual berbagai produk anak yang sedang berkembang dan membutuhkan pasokan sepatu anak dengan kualitas baik dan harga bersaing. Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok sepatu anak di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola.
Kami berharap penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan, pada lampiran brosur tercantum jenis, kode, ukuran, warna, serta harga yang kami tawarkan. Jika perusahaan Bapak/Ibu berminat, kami siap melakukan pembicaraan yang lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,


(PT. SUMBER FARILLA SEJAHTERA )


RINCIAN BARANG
JENIS                                                     KODE                   UKURAN                   HARGA                                 
BAJU TIDUR                                        F-231                    S-XL                              Rp. 100.000
BAJU SEKOLAH                                  R-332                    7-14                                Rp. 50.000
PAKAIAN RENANG                           B-433                      S-XL                              Rp. 150.000




















 SFJ
PT. SUMBER FARILLA SEJAHTERA
Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran
South Jakarta – Phone. (021) 73456728
Email: farilla@ymail.com            


                                                                                                          Jakarta, April 21st  2016
Subject            : Supply of Goods
Attachment     : 1 file (Brochure Detail Item)

Dear PT. Makmur
In Jakarta

With honor,

With this letter, we intend to introduce PT. Sumber Farilla Sejahtera at Jl. pesanggrahan  No.53 Pancoran, South Jakarta. We are a company engaged in the field ‘Clothes For Kids’ and has been worked with various reputable companies in Jakarta and also major cities in Indonesia.
According to the information we got, PT. Makmur is a company that sells a variety of kids product that are growing rapidly and need a supply of kids’ shoes with good quality and competitive price. Related to this, we intend to submit a bid to become the supplier of kids’ shoes in the company which Mr/Mrs governance.

We hope this deals  can be realized as the form of cooperation that could benefitable for both parties. As consideration, the attachment brochure listed types, codes, size, colors and prices we offer. If the company of Mr/Mrs is interested, we are ready to talk further.

Thus, this offer letter we submit. For your attention and cooperation, we say thank you.

Best Regards,


(PT.SUMBER FARILLA SEJAHTERA)

DETAILS PRODUCT
TYPE
CLOTHES                              CODE                                     SIZE                                        PRICE
PAJAMAS                            F-231                                     S – XL                                    Rp. 100.000
UNIFORM                           R-332                                     7-14                                       Rp. 50.000
SWIMSUITS                        B-433                                     S-XL                                       Rp. 150.000






FWD
FARILLA WEB DESIGNER
Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran
Jakarta Selatan – Telp. (021) 7123456
                                                           Email: farilla@gmail.com            


                                                                                                                              Jakarta, 21 April 2016
Perihal             : Penawaran Jasa
Lampiran         :1 Berkas

Kepada PT. Makmur Abadi
Di Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, izinkanlah kami untuk memperkenalkan perusahaan kami yang bernama ‘Illa Design Corps’. Perusahaan kami bergerak di bidang Teknologi Informasi dengan konsentrasi pembuatan website profile. Menurut informasi yang kami terima, PT. Makmur Konstruksi adalah perusahaan yang menjual berbagai macam produk peralatan musik yang berkembang pesat seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang ke perusahaan Bapak/Ibu. Setelah kami melakukan observasi beberapa hari lalu, kami mendapati bahwa perusahaan Bapak/Ibu belum memiliki website toko online.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud menawarkan jasa pembuatan website toko online untuk perusahaan Bapak/Ibu. Jika perusahaan Bapak/Ibu tertarik untuk menggunakan jasa kami, silahkan hubungi nomor telepon 021-7123456 dan kami bersedia untuk melakukan diskusi terkait jasa yang kami tawarkan dengan jasa yang perusahaan Bapak/Ibu inginkan.
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,



(FARILLA WEB DESIGNER)






FWD
FARILLA WEB DESIGNER
Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran
Jakarta Selatan – Phone. (021) 7123456
                                                           Email: farilla@gmail.com           


                                                                                                                            Jakarta, April 21st 2016
Subject                        : Services Offer
Attachment     :1 file

Dear,  PT. Makmur Abadi
in Jakarta

With honor,

Through this letter, please allow us to introduce our company named ‘Illa Web Designer’. Our company is engaged in the field of Information Technology with a concentration in profile website creation. According to the information we got, PT. Makmur Abadi is a company that sells a wide range of music tools product that grows rapidly along with the crowds of visitors to the company of Mr./Mrs. After we did an observation a few days ago, we found that the company of Mr./Mrs. not yet have a website store on the internet.
In this regard, we intend to offer website creation services for the company of Mr./Mrs. If the company of Mr./Mrs. Is interested to use our service, contact us via phone number 021-7123456, and we are willing to conduct a discuss related to the service we offer, and the service that the company of Mr./Mrs. want.
So this offer letter we submit, thank you for the attention.
Best regards,

(FARILLA WEB DESIGNER)


FSE
PT. FARILLA SUMBER ELEKTRONIK
Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran
Jakarta Selatan – Telp. (021) 71234567
                                                           Email: farilla@gmail.com           


                                                                                                               Jakarta, 21 April 2016
Perihal             : Penawaran Kerjasama
Lampiran         : 1 Berkas

Kepada PT. Makmur Jaya
Di Jakarta

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, kami bermaksud memperkenalkan PT. Farilla Sumber Elektronik yang bertempat di Jl. Pesanggrahan No.53 Pancoran, Jakarta Selatan. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama di Jakarta dan kota-kota besar yang ada di Indonesia.
Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT. Makmur Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan yang sedang berkembang dan membutuhkan proyektor sebagai sarana mempresentasikan jasa yang perusahaan Bapak/Ibu tawarkan kepada pelanggan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengajukan penawaran kepada perusahaan Bapak/Ibu untuk bekerja sama dengan perusahaan kami yaitu menggunakan proyektor yang dibuat oleh perusahaan kami sebagai sarana presentasi.
Kami berharap penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerja sama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Jika perusahaan Bapak/Ibu berminat, kami siap melakukan pembicaraan yang lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,


(PT. FARILLA SUMBER ELEKTRONIK)



FSE
PT. FARILLA SUMBER ELEKTRONIK
Jl. Pesanggrahan 53 Kec. Pancoran
Jakarta Selatan – Phone. (021) 71234567
                                                           Email: farilla@gmail.com           


                                                                                                             Jakarta, April 21th 2016
Subject            : Cooperation Deals Goods
Attachment     : 1 file

Dear PT. Makmur Jaya
in Jakarta

With honor,

Through this letter, we would like to introduce our company, PT. Farilla Sumber Elektronik is located at Jl. Pesanggrahan No.53 Pancoran, South Jakarta. We are a company engaged in the field of electronics and has collaborated with various reputable companies in major cities in Indoenesia.
According to the information we got, PT. Makmur Jaya is an advertising company is growing rapidly that require projectors as a medium to present the services that offered by the company of Mr./Mrs. to the client. In connection with this, we intend to submit a bid to the company of Mr./Mrs. to be cooperated with our company by using the projectors made by our company as a medium of presentation.
Our expectation is that this offer can be realized in the form of cooperation that could benefit both parties.
So this offer letter we submit, for your attention and cooperation, we say thank you.
Best regards,

(PT. FARILLA SUMBER ELEKTRONIK)




0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Dancing Banana Baby

Blogroll